Monev Kinerja Kesekretariatan: PA Boyolali Ikuti Monev Kinerja Kesekretariatan Triwulan II dan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai

Ditulis oleh Ardhika Sukmasakti H. on .

Ditulis oleh Ardhika Sukmasakti H. on . Dilihat: 120

Monev Kinerja Kesekretariatan: PA Boyolali Ikuti Monev Kinerja Kesekretariatan Triwulan II dan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai

Wonosobo – Selasa, 15 Juli 2025 | Bertempat di Ballroom Hotel Horison, Wonosobo, telah digelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Kesekretariatan bagi seluruh satuan kerja Pengadilan Agama se-Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Kesekretariatan Triwulan II dan Penyusunan SKP yang dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 16 Juli 2025. Sekretaris Pengadilan Agama Boyolali Ibu Fitri Sayekti, S.T., S.H., M.M. dan Plt. Kasubbag Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana Bapak Indra Permana, S.Kom, M.H.,  turut hadir dalam kegiatan ini sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan tata kelola administrasi dan kinerja kesekretariatan di lingkungan peradilan agama.

Pada hari pertama, dilaksanakan pembahasan mengenai Evaluasi Kinerja Triwulan II Tahun 2025 dan Penyusunan SKP. Salah satu poin utama yang disoroti adalah batas cut off dari Input Kinsatker, sehingga ada upaya dari PTA agar penghargaan diberikan sebelum triwulan berakhir sehingga menambah nilai Prestasi di Kinsatker. Adapun kategori penilaian dari kesekretariatan setiap triwulan di Kinsatker meliputi: pengelolaan Website, SKP, SIKEP, IKPA, Survey Kepuasan Masyarakat, serta realisasi anggaran. SIKEP menjadi sorotan, yang harus dipastikan keakuratannya hingga mencapai 100%. Selain itu, sebagai informasi di Satker, bahwa presensi SIKEP di tingkat Banding telah menggunakan metode swa-foto dan wajib dilakukan di lokasi kantor. Ke depan, sistem ini juga akan diterapkan di seluruh satuan kerja di bawah wilayah PTA Semarang, menggantikan presensi manual yang selama ini digunakan.

Hari kedua membahas mengenai Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan finalisasi Penyusunan SKP Pengadilan Agama se-Jawa Tengah. Para sekretaris dari satuan kerja masing-masing berdiskusi aktif untuk mengevaluasi capaian serta merumuskan strategi penguatan kinerja ke depan. Agenda dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi inovasi kesekretariatan, memperkenalkan sistem digital terbaru yang dirancang untuk mendukung efisiensi dalam pengelolaan dokumen serta penyusunan SKP. Setelah sosialisasi, para sekretaris dan kasubbag kepegawaian melanjutkan agenda dengan memfinalisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum evaluasi dan perbaikan kinerja kesekretariatan secara menyeluruh, serta mendorong peningkatan layanan birokrasi di lingkungan Pengadilan Agama se-Jawa Tengah.

 

 

 

 

 

PA Boyolali PASTI_

Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Integritas